Contoh sinopsis novel


Sinopsis, sebuah ringkasan singkat dari seluruh tulisan yang dibuat. Ini biasanya bisa ditemukan di cover belakang dari suatu buku (Novel atau buku ilmiah hampir semuanya ada sinopsis di cover belakangnya, silakan cek sendiri :D )

Ini juga yang biasanya diperlukan seorang penulis supaya bisa mengirimkan naskahnya ke penerbit, berserta dengan cuplikan beberapa bab dari karya tulisnya.

Kali ini saya memasukkan sinopsis novel saya sendiri kesini. Kalau di word semuanya 1 Halaman, memenuhi standar sinopsis. Silakan disimak buat bahan pertimbangan sebelum menuliskan sinopsis kalian :D

————————————————————————————–

Suatu dunia yang tak bisa dijelaskan dengan logika berpikirnya. Itulah tempat Ali Patay berada sekarang.

Di satu sisi, dunia itu hanyalah seperti abad pertengahan dengan corak khasnya seperti pedang, baju zirah, dan kastil-kastil yang menjulang tinggi. Mungkin disana memang tidak ada sihir, namun di sisi lainnya dunia itu mempunyai banyak sekali perbedaan ganjil jika dibandingkan dengan abad pertengahan biasa. Siapa yang mengira Ia bisa menemukan kereta melayang seperti maglev di dunianya yang biasa?? Dan mengapa batu sejenis permata disana bisa digunakan untuk menghasilkan api, angin dan energi lainnya??

Bermula dari perjalanannya untuk mengisi liburan musim panas sekaligus memenuhi undangan dari temannya, Ali mengalami kecelakaan pesawat dan menemukan dirinya berada di dunia yang aneh itu. Ia juga menemukan sahabat karibnya yang sudah lama menghilang dari dunianya di tempat itu, yang ternyata bernasib sama dengan dirinya, sama-sama tersesat.

Dia juga mendapatkan teman baru yang membawa pengaruh sangat besar bagi dirinya di dunia baru itu, seorang pangeran dari suatu kerajaan bernama Minateras. Orang itu juga merupakan orang pertama yang Ali kenal pernah mendengar kata “Amerika” dan membawanya ke petunjuk pertama tentang misteri dunia itu. Namun ternyata pangeran itu juga yang membawanya ke masalah besar, karena ternyata Ia merupakan orang yang diincar pembunuh yang ditugaskan menghabisi sisa-sisa penerus Minateras.

Bermodal keingintahuan yang berlebih, Ali yang sebenarnya hanya berusaha mencari jalan keluar dari dunia itu menjadi penggerak perebutan kembali kerajaan Minateras…Semakin dalam terlibat dan secara tidak langsung berperan banyak mengubah nasib dunia itu, seperti yang sudah diramalkan kepadanya…

“Namanya Ali Patay…Ia juga akan menjadi orang yang sangat berpengaruh di dunia ini… Ia akan mendapatkan kekuatan menentukan takdir dunia ini…”

Tetapi seperti kebanyakan mahasiswa biasa yang berpikir dengan logika, siapa yang percaya dengan ramalan?? Tanpa menghiraukan ramalan itu Ia terus melangkah mengikuti aliran kehidupan di dunia yang baru itu, sama sekali tidak menyadari apa yang akan terjadi diakhir karena perbuatannya…

————————————————————————————–

Itulah sinopsis dari novel saya yang pertama, TSD 1- The Rise of The Fallen Kingdom. (Yang sampai saat saya tulis ini belum saya usahakan untuk terbit karena berbagai hal x.x )

Nah, sebelum pergi ato buka situs lain tinggalkan komentar buat sinopsis diatas ya :D Kalau ada pertanyaan yang relevan juga silakan tulis disini, Insya Allah saya jawab ;)

#Dilarang copas tanpa izin penulis#

About these ads

79 Komentar

Filed under Ilmu umum, Informasi, Pengalaman, Penjelasan&Share, Penulisan, Realita, Serius

79 responses to “Contoh sinopsis novel

  1. dwe

    bagus, tapi saya ga begitu ngerti. mungkin bahasanya telalu tinggi buat saya. tp bagus… saya suka ceritannya. sayangnya ceritanya agak kuno… mungkin anak-anak sekarang sukanya cerita yang modern2, ya spt FTV2.. hehe

  2. dwe

    bagus, tp ceritanya agak kuno ya.. hehehe

    • Haha, yea, mungkin begitu, tapi setiap orang punya gaya penulisan dan tema favorit masing2 sihHaha, yea, mungkin begitu, tapi setiap orang punya gaya penulisan dan tema favorit masing2 sih ;) ;)

  3. riza

    wah bagus juga tuh novel

  4. annisa aristia

    its your the best

  5. tya

    its your the best…..
    baguuussss

  6. cahyo

    Bagus novelnya ^_^

  7. cahyo

    Prefect novelnya ^_^

  8. cx

    judul novelnya apa y???

  9. aisie

    Menurut aku bagus sih alur ceritanya,,,,,
    cuma aku nggak ngerti sama sekali contoh penulisan sinopsisnya….
    hehe….jangan marah yah,,,,peace….!!!!
    salam kenal dech untuk kamu,

  10. rhara

    bagus sih tapii aku nggk sdkit ngrtii!
    abisnyaa gmna yahh!

  11. Umu

    It’s not too bad, tp kalo g bC Buku’y g dpt feel’y dh.

  12. fera

    tambahin lagi donk ringkasaannya

  13. bagus banget aku suka :)

  14. fadhli

    novel nya kurang bagus (pendek ) heheheheheh….!!!!!!!

  15. Tiara

    Menurut saya itu cukup bagus walaupun buat saya bahasanya terlalu berat .

    saya mau tanya , ada ngga sih kiat kiat khusus supaya novel yang kita buat itu menjadi bagus dan layak di kirim ke penerbit untuk diterbitkan ?? :)
    Mohon di jawab .
    thanks before . :)

    • Iya, emang bahasanya setelah sy pikir2 emang terlalu berat untuk sebagian besar orang,hehe

      Kiat khusus? Yang pasti pastikan karya kamu udah memuaskan terus cari penerbit yang genrenya cocok dengan apa yang kmu tulis :D

  16. maria

    thanks buat contoh sinopsisnya. sgt membantu…
    novelnya bagus, mungkin didalamnya banyak petualangan2 seru kali yach…

  17. bagus tp q sdkit g’ grti & sprtinya petualangan dsna sgat seruuuuuuuu

  18. Wah…

    Akhiernya selesai juga tugas saya…

    bagus bener dah…..

    Terus berjaya + update terus blog kamu…

    Sep Sep Sep ….

  19. opita

    perasaan sinopsis ttu pertamanya add identitas nya tpi ko ni gk add….????? :(

  20. rhasta

    thank’s ya bwt sinopsisnya.lumayan jadi bisa ngerjain tugas deh……………………

  21. rama

    ap slah jika saya tulis sinopsis dengan menggunakan kalimat seperti ini” cerita ini menceritakan seorang anak laki-laki(dan seterusnya……)

  22. MetaLizer

    apa sih intinya ????
    apakh hubungan crita judul ?????
    spa2 saja tokoh2nya ???
    hmm, knpa u hrus buat novel nih ???? apa gk dh yg lain ???

  23. wah thx banget ya sinopsisnya jadi isa buat tugas hehe ^,^

  24. Robby

    Terbitin aj…..sapa tau laris, klo pndapat saya sndiri sih bagus, udah bisa bikin penasaran….
    saya jg lg nulis novel nih….hehe

  25. wowww
    keren ceritanya… :)

  26. aReemia

    inspiratif bgt sih sinopsis nya..
    ju2r aja, aku jga lagi cari ide bwt Cerpen2 seru..
    yaa.. hanya referensi ajah si… ga niat nyontek ko.. tenang ajjah..
    hehehe,,..

    kpan buku y jadi..??
    hmmm.. pnasaran jga nih…
    =3

  27. bagus banget!
    heroik kaya’nya!
    terbitkan aj wes!

  28. syarmin

    ummmmmm….. :)

  29. E_cky

    Bgus jga tuh ,. ^^

  30. Kecelakaan tidak selamanya membuat binasa. Setidaknya, itulah yang dialami Ali Patay, kecelakaannya justru membuka gerbang sejarah. Meluncur di lorong waktu dan terdampar di satu dunia yang menyerupai masa silam. Ali yang semula hanya berusaha mencari jalan kembali, tak mampu menghindar dari pergulatan perebutan tahta di dunia barunya. Minateras, itulah nama dunia asing itu. Tanpa peduli akan segala resiko, dia pun melibatkan diri dalam konflik besar di sana. Menjadi pelaku sejarah. Di novel ini, petualangan dan heroisme Ali dihamparkan dalam lukisan yang gamblang.

    Hmm.., masih bagusan sinopsismu, Nuge..
    Menurutku bagus banget, idenya yg layak diperjuangkan (buat diterbitkan maksudku)..
    Yang membuat agak berat, mungkin, gaya penulisannya -yg trbaca lewat sinopsisnya- yg terasa seperti novel terjemahan. Atau mungkin sengaja Nuge buat demikian?

  31. Duh, agaknya aku salah menangkap massud Nuge :-(.
    Tiba2 saja gatel nulis sinopsis di sini..jadi, maaf ya.. btw, moga sukses novelnya..

  32. niva nur

    keren bangeetttt ::)) bahasanya enak ,dan jika dibaca secara sumgguh sumgguh mmiliki ceerita yang bagus sekali, THE BEST :) izin yah buat copas .aku ada tugas dari sekolah .soalnya bagus banget :)

  33. afif

    izin copas ya kak .. ada tugas sekolah niehh . hehehe :)

  34. Bagus jGa,Tpi tLong Buat Novel YNg Baru dong ….

    Aku tunggu

  35. Saya izin copas ya …
    Soalnya ada tugas dari sekolah… :D

  36. isti

    pas baca sinopsis novelnya jadi pengen ketemu sama tokoh utama nya deh :D pengen ikut petualangannya yg pasti seru dan keren banget hehe :p (bikin penasaran) *sampe bingung ngungkapinnya
    aku izin copas ya kak

  37. ringkasan ceritanya bgus,, biKin penasarAn..
    tp sepeNgetahuan sy,, sinopsis tu da identitas dri buku atw cerita tu terlebih dahulu,,, kyak judul, penulis,, t4 terbit, taon terbit dll..

    bgemn??

  38. dari sinopsisnya z udah bagus,sy jd pengen baca novelnya…dan pengen tahu bgaimna cerita akhir dari ali patay…kyaknya bnyak hikmah kehidupan yg bisa diambil…

  39. Ihsan

    perasaan sinopsis itu tidak pakai tanda kutip kan??
    tapi sisanya bagus :D

  40. Geody

    Kata Saya lebih baik memakai bahasa yang komunikatif, tetapi santun. jadi bisa dimengerti oleh semua kalangan, dan gampang diserap.. gak papa lah, masukin yang slank dikit.. tapi rada” santun.. ;)

  41. sinosis itu diceritakan novelnya dari awal sampe selesesai cerita apa janggal blm selesai?

  42. kata2 nya bagus…,tapi sinopsis nya kurang dapat di pahami .

  43. lyna marlyna

    boleh juga,cerita yang jrang-jrang modelnya, ada aja inspirasinya,cuma tkoh2nya ko gk disebutin dua atau 3 orang bgtu,jd agak sedikit ngambang buat nebak seperti apa cerita lengkapnya….so…bs aku jdikan referensi juga thnks ya….udh posting artikel berharga ni…
    klo boleh nanya ni,penerbit mana sja yg biasa menerbitkan novel romance agak dewasa? thns ya….

  44. em…. novelnya baguss….
    cuma.. qw belomz paham

  45. Izin Copas Om Buat Tugas B Indonesia

  46. Useful information. Lucky me I discovered your web site unintentionally,
    and I’m shocked why this twist of fate didn’t came about earlier!

    I bookmarked it.

  47. Idenya bagus banget. Pengen baca yg lebih lengkap. Menarik.
    Masalah modern atau tidak, pasti punya konsumen sendiri untuk genre yg begini.

  48. handsgod

    cuma pendapat aja
    latar backgrown dari tokoh utama dalam sinopsisnya tidak diceritakan..
    menurut saya akan lebih menarik dan jelas jika hal itu dicantumkan..
    thanks!! :D

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s